Monday 8 February 2016

Pengertian dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense

Pelajaran Bahasa Inggris kali ini akan mengulas materi mengenai Pengertian dan Contoh Kalimat Present Perfet Tense. Present perfect Tense adalah bagian dari tenses yang ada dalam basa inggris yang penggunaanya dipengaruhi oleh waktu. Untuk lebih jelasnya Pelajaran Bahasa Inggris disini akan mengulas mengenai pengguanaanya.


Penggunaan Present Perfect Tense

  1. Digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang berlangsung pada waktu pembicaraan dan masih berlangsung. Misal: they have often been to America
  2. Menunjukkan hasil kejadian dimasa sekarang yang berawal pada waktu yang lampau. Misal: Agus has bought a new car. (agus membeli mobilnya belum lama karena masih baru)
  3. Untuk menjelaskan kejadian yang telah selesai pada waktu lampau yang baru saja terjadi yang dilengkapi dengan kata JUST. Misal: we have just finished breakfast. (kita baru saja selesai sarapan)
  4. Untuk menunjukkan periode waktu yang berawal pada waktu lampau dan berkelanjutan sampai sekarang. Terkadang memakai kata since. Misal: they have been here since 2000 ( mereka telah tinggal disini sejak tahun 2000 dan sekarangpun masih tinggal)
  5. Dalam penggunaan already dan yet. Misal: she has already gone to school. Atau Has he left yet?
  6. Dalam penggunaan adver never dan ever. Misal: have you ever Studied English Before? Atau I have never come to your house.

Bentuk Present Perfect Tense

a. Verbal

Dalam kalimat verbal atau yang ada kata kerjanya, kalimat jenis ini menggunakan kata kerja participle atau ada juga yang bilang Verb 3. Sementara untuk auxiliaries nya mengunakan kata Have (untuk subjek: I, You, We, dan They) atau Has (untuk subjek He, She, It, dan Nama Orang). Untuk lebih jelasnya perhatikan rumus dan contoh kalimatnya

Rumus dan contoh kalimat Present Perfect Tense
(+) S + Have/Has + Participle/V3 + Compliment
He has gone to Bandung.
I have written a letter.
(-)S + Have/Has + Not + Participle/V3 + Compliment
He has not gone to Jakarta.
I have not written a poem.
(?)Have/Has + Subject + Participle/V3 + Compliment
Has He gone to Bandung?
Have you writter a letter?

b. Nominal

kalimat nominal ini tidak ada kata kerjanya, tentu saja perbedaan pola terjadi disini, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan uraian berikut ini
Rumus dan contoh kalimat Present Perfect Tense
(+) S + Have/Has + Been + Compliment
He has been in Bandung.
I have been here before.
(-)S + Have/Has + Not + Been + Compliment
He has not been in Jakarta before.
I have not been here before.
(?)Have/Has + Subject + Participle/V3 + Compliment
Has He ever been in Bandung?
Have you ever been in Jakarat?


Itulah penjelasan singkat mengenai Pengertian dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense yang dapat Pelajaran Bahasa Inggris sajikan semoga bisa bermanfaat bagi semuanya amin.

Pengertian dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oim Abdul Rohim