Sunday 19 April 2015

Tenses Secara Umum

Dalam suatu kalimat bahasa ingris, sudah kita ketahui bahwa kita perlu Tenses, Tenses sendiri terbentuk atas dua komponen dasar yang tidak bisa dipisahkan yaitu, waktu (time), dan aktifitas/kondisi/peristiwa (event). Dapat dikatakan bahwa event merupakan suatu perubahan kata kerja, maka secara kesimpulan, Tenses merupakan suatu perubahan dari kata kerja karena pengaruh time (waktu) dari suatu event. Jadi, jika kita ingin membentuk suatu kalimat, maka secara otomatis kita harus membentuk tenses, karena pada dasarnya dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Dan dalam membentuk tenses, maka harus ada kata kerja yang dipengaruhi oleh time suatu event (time dan event harus digabung).



Yang dimaksud time dapat berupa sekarang (present), masa lalu (past), ataupun masa yang akan datang (future). Sedangkan yang dimaksud event adalah “apa yang kita lakukan (dapat berupa aktifitas, peristiwa, atau kondisi)”, disini kita melakukan sesuatu, jadi secara otomatis terkandung suatu kata kerja. Kata kerja dapat berubah tergantung dengan time (kata kerja yang digunakan untuk sekarang, masa lalu, atau masa mendatang), inilah yang disebut perubahan kata kerja.

Berikut ini adalah tabel yang membentuk Tenses
  • Time : Present Sekarang
  • Past Lampau/masa lalu
  • Future Masa yang akan dating
  • Past future Rencana dimasa lampau
Event 
Simple: Aktivitas sederhana (biasa/berulang-ulang)
Continuous: Sedang berlangsung
Perfect: Telah/sudah selesai
Perfect continuous : Sedang berlangsung dengan durasi waktu

Jika time dan event tersebut digabung, maka akan membentuk jenis tenses. Misalnya, present dan simple digabung, maka akan membentuk jenis present simple, begitu juga dengan time dan event yang lainnya.

Rumus Tenses
Berikut ini adalah rumus dari semua jenis tenses yang ada :
EVENT/TIMEPresent Past Future Past future
SimpleS + is/am/are + Non verb
S + verb1
S + was/were + non verb
S + verb2
S + will + verb1S + would + verb1
ContinuousS + is/am/are + verb.ingS + was/were + verb.ingS + will + be + verb.ingS + would + be + verb.ing
PerfectS + have/has + verb3S + had + verb3S + will + have + verb3S + would + have + verb3
Perfect continuousS + have/has + been + verb.ingS + had + been + verb.ingS + will + have + been + verb.ingS + would + have + been + verb.ing

Demikian penjelasan mengenai materi tenses secara umum, semoga bisa bermanfaat bagi semuanya, amin

Tenses Secara Umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Oim Abdul Rohim